Redaksi

Jalan Pattimura Lr.1 No.2
Kab. Sinjai, Sulawesi Selatan 92611

[email protected] Pedoman Media Siber

Cara Merangkum Video dari Youtube Secara Otomatis

Merangkum Video Youtube – Di masa pandemi seperti sekarang ini, setiap pelajar diwajibkan untuk belajar secara daring, dan materi pembelajaran biasanya disediakan melalui video yang diunggah lewat platform youtube.

Setelah menonton dan menyimak materi pembelajaran yang diberikan melalui video youtube, biasanya guru memberi tugas untuk merangkum atau meresume percakapan dari sebuah video youtube.

Tentu ini akan cukup sulit dikerjakan, mengingat kamu harus mendengarkan dengan seksama video tersebut lalu menulisnya secara manual.

Namun tak perlu khawatir, sekarang kamu bisa merangkum video youtube secara otomatis tanpa perlu menyimak dan menulisnya secara manual. Bagaimana langkahnya, yuk simak tulisan berikut ini.

Merangkum Video Youtube Melalui Situs Anthiago

Anthiago merupakan situs web yang menyediakan tools untuk merangkum video youtube tanpa subtitle secara otomatis hanya dengan sekali klik. Kemudian hasil rangkuman video tersebut akan muncul dalam bentuk teks.

Dengan begitu rangkuman video dari youtube bisa kamu buat tanpa harus bersusah payah menyimak videonya. Ikuti langkah berikut ini untuk mencobanya.

Salin URL Video Youtube

Buka video youtube yang ingin di rangkum menjadi teks, kemudian salin link URLnya.

Merangkum Video Youtube dengan Anthiago

Kunjungi Situs Anthiago

Buka browser kemudian kunjungi situs anthiago.com. Setelah web anthiago terbuka, scroll ke bawah dan pilih bahasa yang di inginkan.

Karena video yang akan saya rangkum di sini adalah video berbahasa indonesia, jadi pada contoh kali ini saya menggunakan bahasa indonesia.

Resume Video Youtube

Proses Merangkum Video

Setelah memilih bahasa, kamu akan di arahkan ke halaman transkrip. Scroll ke bawah dan tempelkan link URL video youtube yang telah di salin tadi ke kotak URL yang tersedia, kemudian klik tombol Transkrip.

Meringkas Video Youtube

Hasil rangkuman video dalam bentuk tulisan lengkap akan tampil di bagian bawah. Selanjutnya kamu hanya perlu menyalin hasil rangkumannya dengan meng-klik Salin Transkrip.

Meringkas Video Youtube

Hasil rangkuman tidak sepenuhnya akurat, sebaiknya baca dengan teliti dan perbaiki beberapa kata yang typo.

Merangkum Video Youtube Menggunakan Google Docs

Cara yang kedua ini sedikit berbeda, Google Docs akan mendengarkan suara yang keluar dari video youtube terlebih dahulu dan menulis rangkuman suara tersebut menjadi teks.

Jadi usahakan tidak ada suara lain yang terdengar selain suara video dari youtube, dan ini hanya bisa di lakukan di komputer atau laptop. Ikuti langakah penerapannya berikut ini.

Buka Situs Google Docs

Buka browser di laptop, bisa menggunakan Google Chrome atau Microsoft Edge. Kunjungi situs Google Docs dan buat dokumen baru.

Meresume Video Youtube dengan Google Docs

Setting Google Docs

Pada halaman dokumen klik menu Tools » Voice Typing. Akan muncul ikon Mic melayang di sisi kiri layar.

Merangkum Youtube dengan Google Docs

Pilih bahasa rekaman yang di inginkan. Pada contoh kali ini saya menggunakan bahasa indonesia, karena video yang direkam berbahasa indonesia.

Meringkas Video Youtube Otomatis

Prose Merangkum Video

Buka youtube.com pada tab baru dan cari video yang ingin di rangkum menjadi teks. Jika sudah ketemu, Putar video youtube.

Merangkum Video di Youtube

Kembali ke tab Google Docs. klik icon Mic yang melayang di samping kiri layar untuk memulai merekam suara yang di hasilkan video youtube. Mic sudah merekam di tandai dengan icon Mic berwarna merah.

Meresume Video Youtube Tanpa Subtitle

Secara otomatis suara yang di keluar dari video youtube akan tertulis secara otomatis. Tunggu hingga proses merangkum video youtube selesai. Klik kembali icon Mic untuk menghentikan proses rekaman.

Merangkum Youtube dengan Google Docs

Proses meresume video youtube telah selesai. Untuk hasil yang maksimal, silahkan perbaiki kata-kata yang typo.

Diatas merupakan langkah yang bisa kamu gunakan untuk merangkum video di youtube secara otomatis. Langkah yang pertama dapat merangkum video youtube hanya dengan link URLnya saja. Sedangkan langkah kedua mengharuskan kamu untuk merekam suara dari video hingga selesai.

Jadi menurutmu mana cara yang paling mudah? saya sendiri lebih merekomendasikan cara yang pertama. Selamat mencoba.

A. Abdul Mustahab ツ
A. Abdul Mustahab ツ

Senang dengan perkembangan teknologi. Menulis menjadi hal wajib, karena ilmu tidak akan bermanfaat bila di tampung sendiri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *