Redaksi

Jalan Pattimura Lr.1 No.2
Kab. Sinjai, Sulawesi Selatan 92611

[email protected] Pedoman Media Siber

Panduan Lengkap : Cara Membuat Blog di Blogger.com

Jika kamu membaca tulisan ini, itu artinya saat ini kamu sudah tau mengenai apa itu Blog, dan ingin mengetahui cara membuat blog di Blogger.

Selain gratis, platform Blogger memang lebih cocok digunakan untuk orang yang baru saja terjun di dunia blogging, walaupun banyak blogger berpengalaman yang juga menggunakan platform ini untuk menekan budget pengeluaran.

Pada tulisan kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya tentang bagaimana cara membuat blog di Blogger.com secara gratis.

Mengenal Platform Blogger

Blogger.com adalah sebuah platform blogging atau biasa dikenal dengan CMS (Content Management System) yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola blog secara gratis.

Layanan ini diluncurkan pada tahun 1999 oleh Pyra Labs yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

Setiap pengguna yang berhasil membuat blog dapat mengakses blognya dengan sub domain blogspot.com yang nantinya bisa diubah menggunakan domain TLD agar terlihat profesional.

Kenapa Memilih Platform Blogger

Sebenarnya sudah sangat jelas bahwa hal utama yang membuat banyak orang menggunakan blogger adalah karena platform ini dapat digunakan secara gratis, alias tak perlu bayar.

Selain itu, masih banyak alasan lain yang membuat Blogger sangat cocok di jadikan pilihan.

1. Blogger Milik Google

Pada tahun 2003 Google berhasil membeli Blogger dari pengembangnya Pyra Labs. Dan hingga saat ini, platform ini masih sangat eksis dan memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengguna di dunia.

Lalu kenapa jika blogger di miliki Google?

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot membuat akun untuk mengakses halaman admin blogger karena semuanya sudah terintegrasi dengan layanan google.

Selain itu, reputasi google di mata banyak orang itu sudah tidak bisa diragukan lagi. Kamu tidak perlu khawatir jika platform ini tutup, karena semua informasi terkait blogger akan langsung diterima melalui pesan email google.

2. Bandwith Server Tanpa Batas

Hal yang tak kalah menarik lainnya adalah pengguna dapat menulis artikel sebanyak mungkin, menambahkan media gambar dan video tanpa perlu memikirkan bandwith atau kapasitas penyimpanan server, karena google memberikan kapasitas tanpa batas.

Google juga tidak membatasi jumlah kunjungan ke blogger seperti pada platform lain yang berbayar seperti wordpress. Dengan blogger, blog yang kamu buat dapat menampung bahkan hingga jutaan pengunjung dalam satu hari.

3. Keamanan yang Menjanjikan

Sekali lagi, karena ini adalah Google, kamu tidak perlu khawatir dengan kemanan data. Kamu hanya perlu membuat password yang kuat untuk akun googlemu.

Karena untuk mengakses halaman dashboard blogger, kamu cukup menggunakan akun google tanpa perlu memasukkan username dan password.

Cara Membuat Blog di Blogger.com

Masuk pada pokok pembahasan kali ini, yaitu membuat blog. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar blog berhasil dibuat.

Syarat utama yang dibutuhkan untuk membuat blog di blogger adalah harus memiliki akun google atau alamat gmail aktif.

Membuat akun google mail caranya cukup mudah. Jika kamu belum memiliki akun gmail, ikuti petunjuk cara membuat akun gmail dengan meng-klik tombol di bawah ini.Baca Artikel Disini

Saya anggap kamu sudah memiliki akun google, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

Buka Situs Resmi Blogger

Kunjungi situs resmi Blogger melalui link berikut ini blogger.com. Pada halaman depan Blogger, klik tombol Create Your Blog.

Buat Blog di Blogger

Login Akun Google

Selanjutnya kamu akan diminta untuk login menggunakan akun Google.

Masukkan alamat email kemudian klik tombol Next. Masukkan password kemudian klik lagi tombol Next.

Login Akun Google di Blogger

Buat Blog Baru

Setelah login dengan akun google berhasil, saatnya membuat blog.

Tahap awal, kamu diminta untuk menuliskan Judul Blog yang akan dibuat. Nantinya judul blog ini akan tampil di bagian atas blog dan juga di hasil pencarian google.

Jika sudah menentukan judul, lanjut dengan meng-klik Berikutnya.

Tentukan Judul Blog

Halaman selanjutnya mengharuskan kamu untuk menentukan Alamat Blog yang ingin dibuat.

Di sini, alamat blog akan menggunakan subdomain .blogspot.com yang nantinya bisa diubah menggunakan domain TLD seperti .com, .id, net, dan lain sebagainya.

Jika sudah menentukan alamat blog, lanjut dengan meng-klik Berikutnya.

Tentukan Alamat Blog

Terakhir, tentukan Nama Penulis yang nantinya akan menjadi identitas penulis blog. Kamu bisa menggunakan nama asli atau nama samaran.

Tentukan Nama Penulis Blog

Selanjutnya, kamu akan masuk ke halaman dashboard blogger. Pada tahap ini, blog sudah berhasil dibuat.

Tampilan Dashboard Blogger

Setelah blog berhasil dibuat, kamu bisa membuka semua menu untuk mengetahui fungsi-fungsi dari setiap menu yang tersedia.

Penting bagi kamu untuk mengetahui fungsi menu-menu yang ada di dashboard blogger. Untuk informasi mengenai hal tersebut, dapat kamu baca melalui artikel yang pernah saya tulis di bawah ini.Baca Artikel Disini

Edit Menu Setelan Blogger

Ada beberapa hal yang perlu di ubah atau diedit pada menu setelan blogger agar blog yang telah dibuat bekerja lebih maksimal.

1. Tambahkan Deskripsi Blog

Ini hanya opsional namun cukup penting. Kamu perlu menambahkan deskripsi blog yang nantinya deskripsi ini akan tampil di bawah judul blog.

Deskripsi yang ditulis sebaiknya tidak terlalu panjang, antara 5 sampai 10 kata sudah sangat baik.

2. Ubah Format Waktu dan Tanggal

Ketika blog berhasil dibuat, zona waktu default blogger adalah (GMT-08:00) Waktu Pasifik – Los Angeles. Agar sesuai dengan zona waktu di Indonesia, kamu perlu mengubahnya sesuai dengan zona waktu di wilayah tempat tinggalmu.

Selanjutnya kamu bisa mengganti format tanggal yang tampil di postingan blog sesuai kenginan.

3. Aktifkan dan Tambahkan Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran ini berbeda dengan deskripsi blog tadi. Kali ini, deskripsi akan muncul di hasil pencarian google tepat di bawah judul blogmu.

Jadi jika kamu menulis nama blogmu atau domain blogmu di hasil pencarian google, maka deskripsi ini yang akan menjelaskan tentang blog apa yang sedang kamu kelolah.

Panjang deskripsi penelusuran tidak boleh lebih dari 150 karakter.

4. Setting Robots.txt

Yang tidak kalah penting lainnya adalah robots.txt yang sangat berpengaruh terhadap munculnya postingan di halaman pencarian google.

Aktifkan fitur ini dan setting robots.txt dengan menambahkan kode yang sesuai. Untuk format penulisan robots.txt yang baik dan benar, bisa kamu lihat pada postingan berikut. Cara Setting Robots.txt Blogger.

Selain mengedit menu setelan blogger, ada beberapa hal penting lain yang perlu kamu lakukan setelah berhasil membuat blog di blogger, artikelnya bisa kamu baca dengan meng-klik tombol di bawah ini.Baca Artikel Disini

Cara Membuat Postingan di Blogger

Setelah berhasil membuat blog, memahami fungsi menu-menu, hingga mengedit setelan di blogger. Kita masuk pada tahap pembuatan artikel.

Berikut ini cara membuat artikel atau postingan di blogger.

  1. Pada halaman dashboard blogger, klik tombol Postingan Baru.
    Buat Postingan di Blogger
  2. Selanjutnya, kamu hanya perlu menulis artikel dengan mulai menambahkan judul, memberi label, deskripsi, dan memanfaatkan alat yang tersedia di toolbar. Menulis Artikel di Blogger
  3. Setelah artikel selesai dibuat, klik tombol Publikasikan untuk menerbitkan artikel.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi dari kompinter.com mengenai Cara Membuat Blog di Blogger. Membuat blog itu cukup mudah, hanya perlu beberapa langkah hingga blog bisa tayang di google.

Blogger menjadi salah satu platform blogging gratis terbaik sejauh ini, dengan beragam fitur yang sangat membantu.

Apalagi platform ini adalah milik google sendiri, kamu tidak perlu khawatir akan biaya dan keamanan server, karena semua sudah di tanggung oleh google.

A. Abdul Mustahab ツ
A. Abdul Mustahab ツ

Senang dengan perkembangan teknologi. Menulis menjadi hal wajib, karena ilmu tidak akan bermanfaat bila di tampung sendiri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *