Scroll untuk melanjutkan membaca
8 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog di Blogger

8 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog di Blogger

Setelah Membuat Blog di Blogger

Untuk seorang yang baru pertama kali membuat blog kadang merasa bingung tentang apa yang harus dilakukan setelah membuat blog di blogger.

Tak jarang bagi orang awam akan langsung membuat artikel, dan mengira artikelnya akan langsung muncul dalam hasil pencarian google.

Namun nyatanya, ada beberapa hal penting yang sebaiknya tak boleh diabaikan sebelum aktif membuat postingan di blogger. Hal penting ini akan sangat mempengaruhi performa blog kedepannya.

Di sini, saya akan membagikan infromasi menarik terkait hal penting apa yang harus dilakukan setelah membuat blog di blogger berdasarkan pengalaman saya mengelolah blog selama beberapa tahun.

1. Edit Menu Setelan Blogger

Ubah Setelan Blogger

Hal paling penting pertama adalah melakukan perubahan pada menu Setelan Blogger. Seperti penjelasan saya pada artikel Cara Membuat Blog di Blogger.

Di sana saya menegaskan bahwa hal pertama yang saya lakukan setelah membuat blog adalah dengan mengedit Setelan blogger.

Di sana ada banyak setelan yang perlu diubah dan juga harus di aktifkan, apalagi jika target pengunjungmu berasal dari Indonesia.

Saya sudah pernah membuat postingan tentang Cara Setting Blog Baru di Blogger. Disana saya menjelaskan tentang fungsi dan opsi mana saja yang perlu di aktifkan.

2. Buat Halaman Pendukung

Buat Halaman About, Contact, Privacy, Disclaimer

Membuat halaman di blogger juga tidak kalah pentingnya. Halaman yang dimaksud disini adalah halaman pelengkap seperti halaman About, Contact, Privacy Policy, dan halaman Disclaimer.

Hal ini dilakuan untuk mengenalkan kepada pembaca tentang blog apa yang sedang mereka kunjungi. Misalnya pada halaman About yang isinya menjelaskan tentang seluk beluk blog.

Halaman kontak yang fungsinya agar pembaca dapat menghubungi pemilik blog untuk melakukan kerja sama atau menanyakan perihal tulisan yang ada di blog.

Sedangkan untuk halaman privacy dan disclaimer berfungsi memberikan penjelasan terkait aturan penggunaan blog serta hal-hal yang menjadi tanggung jawab pemilik dan pembaca blog.

Dengan membuat halaman pendukung ini juga menjadi nilai plus jika blog ingin di daftarkan ke Adsense untuk mendapatkan penghasilan, karena halaman ini adalah salah satu syarat diterimanya blog untuk bekerja sama dengan Google Adsense.

Untuk membuat halaman Privacy Policy, dan halaman Disclaimer juga sudah pernah saya bahas di blog ini dengan judul Cara Membuat Halaman Privacy dan Disclaimer di Blog.

3. Mengganti Template Blog

Mengganti Template Blogger

Sebenarnya ini hanya opsional, namun jika kamu ingin membuat blogmu terlihat lebih profesional, kamu wajib mengganti template bawaan blogger dengan template yang memiliki tampilan yang menarik.

Tidak hanya menarik, kamu setidaknya harus memperhatikan kriteria template yang baik untuk bersaing di halaman satu google.

Yaitu dengan memperhatikan beberapa hal yang mempengaruhi performa blog seperti kecepatan akses, Mobile Friendly, SEO Friendly, dan Responsive.

Pembahasan tentang template blog juga sudah pernah saya bahas secara detail pada artikel yang berjudul Tips Memilih dan Cara Memasang Template Blogger.

4. Hubungkan Blog ke Google Search Console

Hubungkan Blog ke Google Search Console

Kamu wajib menghubungkan blogmu dengan GSC, tujuannya untuk memantau dan mengelola kinerja situs web kamu di hasil pencarian google.

Dengan terhubungnya Google Search Console dengan blogmu maka kamu dapat memastikan bahwa situs blogmu sudah diindeks dengan benar dan mendapatkan trafik yang tinggi dari hasil pencarian Google.

Caranya juga sudah pernah saya bahas pada tulisan ini Cara Menghubungkan Blog dengan GSC.

5. Hubungkan Blog dengan Google Analytics

Hubungkan Blog dengan Google Analytics

Dengan menghubungkan Blog dengan Google Analytics, kamu bisa melakukan pelacakan lalu lintas situs dan menganalisis perilaku pengguna.

Google Analytics memberikan informasi real-time mengenai berapa jumlah pengunjung, waktu yang dihabiskan di situs, lokasi pengunjung, dan perilaku pengunjung seperti halaman yang dikunjungi, interaksi pengguna, dan konversi.

Caranya juga sudah pernah saya bahas pada tulisan ini Cara Menghubungkan Blog dengan Google Analytics.

6. Ganti Subdomain Blogspot ke TLD

Ganti Subdomain Blogspot ke TLD

Pada awal pembuatan blog di Blogger, kamu akan menggunakan subdomain yang sudah disediakan blogger.com yaitu namadomain.blogspot.com.

Dengan menggunakan subdomain tersebut, blogmu akan terlihat kurang terpercaya, untuk itu kamu bisa saja mengupgrade subdomain dengan domain TLD seperti .com, .id, atau .net agar blogmu lebih profesional.

Namun sayangnya untuk mendapatkan domain TLD ini, kamu harus mengeluarkan uang sekitar 150 ribu untuk domain .com atau 200 ribu untuk domain .id untuk menyewa selama satu tahun.

Caranya juga sudah pernah saya bahas pada tulisan ini Cara Custom Domain Blogspot.

7. Membuat Postingan Blog

Membuat Postingan di Blogger

Setelah melakukan semua tahap di atas, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membuat konten yaitu menulis artikel yang menarik dan banyak dicari.

Apa yang haru kamu tulis?

Tentu saja sesuai dengan topik pembahasan blog. Di awal pembuatan blog kamu haru memikirkan tujuan pembuatan blogmu, misalnya kamu akan membuat blog dengan membahas topik atau niche teknologi, maka silahkan tulis artikel tentang teknologi misalnya aplikasi, game dan lainnya.

Buat postingan sebanyak banyaknya untuk mendatangkan banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung semakin mudah nantinya untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

8. Daftar Blog ke Google Adsense

Daftar Blog ke Google Adsense

Jika kamu membuat blog dengan tujuan untuk menghasilkan uang, maka kamu wajib mendaftarkan blogmu ke Google Adsense.

Cara kerjanya, google akan menampilkan iklan di dalam blogmu, dan setiap ada pengunjung yang meng-klik iklan maka kamu akan mendapatkan bayaran.

Jumlah penghasilan per-kliknya memiliki nilai yang berbeda beda. Hal yang mempengaruhi besar kecilnya penghasil dari Google Adsense adalah Topik Blog, Kata Kunci, dan Target Negara.

Kamu bisa membaca panduan yang sudah pernah saya bahas di blog ini dengan judul Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense.

Itulah sedikit informasi dari kompinter.com tentang hal apa yang harus kamu lakukan Setelah Membuat Blog di Blogger. Dengan mengikuti langkah yang dijelaskan di dalam artikel ini, setidaknya blog yang kamu buat sudah bisa tampil menarik di hasil pencarian google.

Belum Ada Komentar
300 x 600
Side Column Ads (Left)
300 x 600
Side Column Ads (Right)